Institusion
Universitas Katolik Soegijapranata
Author
ANGGRAENI, VISITA PUTRI AYU
Subject
Non Formal Education
Datestamp
2016-10-27 04:18:48
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode belajar parsial
terhadap prestasi belajar gitar. Terdapat dua hipotesis dalam penelitian ini yaitu
ada perbedaan prestasi belajar gitar sebelum dan sesudah dikenai metode belajar
parsial dan ada perbedaan prestasi belajar gitar antara kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas gitar
tingkat intermediate Studio Musik RR DIV. Berdasarkan analis data yang telah
dilakukan menggunakan program SPSS 13. 0 dengan metode Wilcoxon Signed
Rank Test yang diperoleh adalah -1,826 dengan p
0,034 > 0,05. Hal ini
menunjukkan terdapat ada perbedaan sebelum dan sesudah dikenai metode belajar
parsial pada kelompok eksperimen. Untuk penghitungan Mann Whitney U
diperoleh hasil 0,000 dengan p 0,011 > 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat
perbedaan peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara kelompok kontrol
dan eksperimen.