DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS METODE BELAJAR PARSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR GITAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Soegijapranata
Author
ANGGRAENI, VISITA PUTRI AYU
Subject
Non Formal Education 
Datestamp
2016-10-27 04:18:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode belajar parsial terhadap prestasi belajar gitar. Terdapat dua hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan prestasi belajar gitar sebelum dan sesudah dikenai metode belajar parsial dan ada perbedaan prestasi belajar gitar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas gitar tingkat intermediate Studio Musik RR DIV. Berdasarkan analis data yang telah dilakukan menggunakan program SPSS 13. 0 dengan metode Wilcoxon Signed Rank Test yang diperoleh adalah -1,826 dengan p 0,034 > 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat ada perbedaan sebelum dan sesudah dikenai metode belajar parsial pada kelompok eksperimen. Untuk penghitungan Mann Whitney U diperoleh hasil 0,000 dengan p 0,011 > 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. 
Institution Info

Universitas Katolik Soegijapranata