Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara
keterampilan sosial dengan perilaku kecanduan facebook pada siswa di SMP
Yayasan Pendidikan Ekonomi (YPE) Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah
hubungan negatif antara keterampilan sosial dengan perilaku kecanduan
facebook pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Yayasan
Pendidikan Ekonomi (YPE) Semarang. Jumlah sampel adalah 47 siswa, yang
dipilih dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah skala perilaku kecanduan facebook dan skala keterampilan
social. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment.
Hasil uji hipotesis adalah “ada hubungan negatif dan sangat signifikan antara
keterampilan sosial dengan perilaku kecanduan facebook pada siswa di SMP
Yayasan Pendidikan Ekonomi (YPE) Semarang†yang ditunjukkan dengan nilai
korelasi r
sebesar -0,432 dengan p < 0,01. Dengan demikian, hipotesis diterima.
xy