Abstract :
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh size,profile
perusahaan,profitabilitas,leverage dan struktur kepemilikan terhadap
pengungkapan corporate social responsibility. Sampel dalam penelitian ini
diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu dengan
mengambil sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria, kriteria sampel dalam
penelitian ini adalah : Perusahaan yang termasuk kategori LQ 45 pada periode
Februari – Juli 2010. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh kesimpulan sebagai
berikut: (1) Hasil pengujian variabel size menunjukkan tingkat signifikansi
sebesar 0,016 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh positif antara size dengan pengungkapan CSR. (2) Hasil pengujian
variabel profile menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,021 < 0,05. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara profile
terhadap pengungkapan CSR. (3) Hasil pengujian variabel profitabilitas
menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,0205 < 0,05. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan
CSR. (4) Hasil pengujian variabel leverage menunjukkan tingkat signifikansi
sebesar 0,0715 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa leverage tidak
berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. (5) Hasil pengujian variabel struktur
kepemilikan menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,4845 > 0,05. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa struktur kepemilikan tidak berpengaruh
terhadap pengungkapan CSR.