Abstract :
Skripsi ini membahas mengenai inovasi makanan jenis brownies. Produk
makanan jenis brownies yang ada saat ini masih sedikit jenisnya.
Inovasi makanan jenis brownies ini melalui tahapan proses inovasi yaitu idea
generation, opportunity recognition, idea evaluation, development, dan
commercialization, dengan menggunakan 30 responden.
Pada tahap idea generation didapatkan ide-ide inovasi yang berasal dari
responden, lalu dilanjutkan dengan tahapan opportunity recognition. Pada tahap ini di
ambil tiga ide inovasi tertinggi yang berasal dari responden yaitu brownies ice,
brownies tepung oatmeal dan brownies kentang untuk dilihat dari faktor internal dan
faktor eksternal. Kemudian pada tahap idea evaluation dilakukan penilaian terhadap
tiga ide inovasi tertinggi tersebut dengan melihat faktor internal dan eksternal untuk
diambil satu ide tunggal pilihan responden yaitu brownies ice. Pada tahap
development dilakukan pengembangan produk dari brownies ice yang didapatkan
kemudian dilakukan uji reaksi pasar kepada responden untuk mengetahui reaksi
responden terhadap desain produk awal dari pengembangan brownies ice dan di
dapatkan hasil mayoritas responden setuju dengan desain produk awal brownies ice.
Oleh karena itu tidak perlu dilakukan kembali uji reaksi pasar kedua dan didapatkan
desain produk akhir brownies ice yang siap di komersialisasikan. Pada tahap
commercialization produk brownies ice siap dipasarkan kepada calon konsumen
melalui media saluran yaitu di toko kue, swalayan, atau supermarket.
Data yang digunakan adalah data primer, teknik pengumpulan datanya adalah
memakai teknik kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. dan metode analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.
Saran untuk produk inovasi brownies ice yaitu diberikan label merk pada
kemasan mika yang digunakan agar konsumen mengetahui produk brownies ice dan
untuk kedepannya diberikan varian rasa yang lebih bervariasi.