Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh strategi alternatif pada PT. Semarang
Makmur sebagai produsen seng untuk dapat bersaing dengan produsen seng lain yang ada.
Hal pertama yang dilakukan adalah dengan menganalisis faktor-faktor internal dan faktorfaktor
eksternal yang mempengaruhi perusahaan. Dari hasil analisis tersebut dilanjutkan
dengan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis SWOT
merupakan suatu metode yang digunakan sebagai dasar dalam perencanaan strategi dengan
menganalisis faktor kekuatan dan kelemahan (faktor internal) serta faktor kesempatan dan
ancaman (faktor eksternal).
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan
kuesioner dengan pihak manajemen PT. Semarang Makmur dan pihak eksternal dalam hal ini
konsumen. Hasil wawancara dan kuesioner tesebut selanjutnya diolah dalam matriks skor
IFAS dan EFAS. Hasil skor tersebut kemudian dimasukkan ke dalam Matriks IE untuk
mengetahui kondisi perusahaan. Selanjutnya dimasukkan ke dalam Matriks SWOT dan
menghasilkan berbagai strategi yaitu strategi SO (strength-opportunity), strategi WO
(weakness-opportunity), strategi ST (strength-threat), strategi WT (weakness-threat).
Hasil penelitian menunjukkan kondisi PT. Semarang Makmur pada kondisi stabil.
Pada kondisi ini, tidak diperlukan adanya perubahan strategi secara signifikan akan tetapi
terus melakukan ekspansi adalah hal penting yang tetap perlu dilakukan. Mempertahankan
kualitas bahkan menambah varian produk untuk menghadapi kompetitor adalah langkah tepat
untuk terus dapat bersaing. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa strategi alternatif yang
dapat dilakukan PT. Semarang Makmur di antaranya adalah penggunaan teknologi internet
untuk kegiatan promosi dan menambah varian produk seng gelombang. PT. Semarang
Makmur dapat menggunakan strategi alternatif tersebut agar dapat memaksimalkan kekuatan
dan peluang yang ada serta meminimalkan kelemahan dan ancaman yang ada serta bersaing
dengan kompetitor yang ada.