Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk merancang model supply chain pakaian anak bagi
pemasok terbaik pada Wijaya Collection. Obyek pada penelitian ini adalah Wijaya
Collection yang belokasi di Jalan Tlogosari Raya II / 24, Semarang. Alasan dipilihnya
perusahaan ini sebagai obyek pada penelitian ini adalah karena pada perusahaan ini
memiliki beberapa pemasok untuk pakaian anak (rok anak) sehingga perlu dilakukan
analisis berkenaan dengan keluhan pada masing-masing pemasoknya untuk
mendapatkan pemasok terbaik bagi pihak perusahaan selain itu perusahaan ini juga
belum pernah diadakan penelitian mengenai perencanaan supply chain.
Penelitian ini merupakan studi kasus (case study) dengan obyek Wijaya
Collection. Pada penelitian ini respondennya adalah pemilik dan dua karyawan bagian
gudang Wijaya Collection. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh
dengan cara kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah
dengan metode scoring.
Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa: evaluasi pemasok Wijaya Collection dilakukan dengan
penilaian berdasarkan pada analisis nilai, dengan mempertimbangkan keadaan umum
pemasok , keadaan pelayanan dan keadaan material atau barang. Pemasok prioritas
pertama adalah PT Indotekstil dengan total skor sebesar 24.93. Penilaian masing-masing
aspek adalah sebagai berikut: keadaan umum nilai totalnya adalah 9 , keadaan
pelayanan nilai totalnya 7.53 dan keadaan material dengan nilai total 8.4 . Sementara
pemasok prioritas kedua adalah PT Multi Inti dengan nilai total sebesar 24.12 dan
penilaian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: keadaan umum nilai totanya
adalah 9 keadaan pelayanan nilai totalnya 7.32 dan keadaan material dengan nilai total
7.8 . Pemasok prioritas ketiga adalah Jelly Kids dengan nilai total sebesar 22.39 dan
penilaian masing-masing aspek adalah sebagai berikut: keadaan umum nilai totalnya
adalah 9 keadaan pelayanan nilai totalnya 6.19 dan keadaan material dengan nilai total
7.2 . Setelah diketahui pemasok terbaiknya maka akan dilakukan analisa supply chain
berdasarkan strategi bisnis yang digunakan oleh Wijaya Collection dalam hal ini adalah
strategi biaya dengan batasan kepada lima variable yaitu : harga, struktur jaringan,
sumber daya, pasar dan aspek resiko – kemitraan. Setelah dilakukan analisa supply
chain maka akan direncanakan dan dibuat model supply chain bagi PT.Indotekstil
tersebut.
Saran mengacu pada perbaikan-perbaikan yang sebaiknya dilakukan bagi pihakpihak
yang terkait dengan penelitian ini. Sedangkan saran pada penelitian adalah
sebagai berikut : (1) Sebaiknya pihak Wijaya Collection menggunakan pemasok PT
Indotekstil sebagai pemasok utamanya karena terlihat dari jumlah atau total skor yang
terbaik ,tetapi Wijaya Collection juga harus tetap menjaga hubungan baik diantara dua
pemasok lainnya dengan tujuan seandainya pemasok terbaik tidak bisa memenuhi
permintaan maka dapat dialihkan kepada kedua pemasok tersebut. (2) Menerapkan
model supply chain bagi pemasok terbaiknya dengan cara melakukan sentralisasi
gudang, memperkecil variasi media transportasi dan menjaga hubungan harmonis antar
anggota rantai pasokan. (3) Pada penelitian serupa di masa mendatang sebaiknya
ditambahkan penilaian lain untuk pemasok dan tidak hanya membandingkan tiga
pemasok, tetapi lebih banyak pemasok dengan berbagai variasi barang atau produk
selain itu juga perlu dilakukan evalusi pemasok secara berkala misalnya satu tahun
sekali sehingga kinerja supplier dapat dipantau oleh perusahaan.