DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KETERTARIKAN ANAK TERHADAP WAYANG MELALUI GAME “LAHIRNYA GATOTKACA”
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Soegijapranata
Author
Pranatalisa, Leocadia Desy
Subject
Information Systems 
Datestamp
2022-12-05 07:20:45 
Abstract :
Dalam perkembangan globalisasi, kesenian wayang hampir terlupakan dengan banyaknya teknologi canggih yang dapat dimiliki oleh setiap orang. Anak-anak juga tak kalah bersaing untuk menikmati perkembangan teknologi. Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa anak lebih suka bermain game di komputer atau gadget dari pada menyaksikan pertunjukan wayang. Dengan adanya hal tersebut maka dibuatlah game ?Lahirnya Gatotkaca?. Game ini berisi cerita interaktif, game edukasi dan mini game. Bukan hanya itu, tetapi juga ada pesan moral yang disampaikan ketika game edukasi terselesaikan. Setelah game ini dimainkan oleh anak-anak dan kembali di teliti, ternyata game ini mampu membuat anak tertarik dengan wayang. Bukan hanya sekedar tertarik, anak-anak juga menjadi tahu tentang sikap baik yang patut untuk dicontoh. Selain hal baik atau sikap, anak-anak juga menjadi tahu tentang cerita wayang yang di sampaikan yaitu tentang kelahiran Gatotkaca. Dengan bermain game tentang wayang ini anak juga menjadi lebih tahu tengang tokoh wayang. Terlebih dalam game ini terdapat dua versi gambar yang dapat dipilih oleh anak sehingga mampu menumbuhkan ketertarikan mereka dengan wayang. 
Institution Info

Universitas Katolik Soegijapranata