Institusion
Universitas Katolik Soegijapranata
Author
Yunanto, Septyana Hardianti
Subject
Information Systems
Datestamp
2023-05-23 02:41:50
Abstract :
Kemampuan membaca setiap manusia harus dilatih agar dapat membantu
kegiatan pembelajaran ketika anak di sekolah. Biasanya anak dilatih mengenal
huruf sejak anak berada dibangku Taman Kanak ? Kanak. Namun ada beberapa
anak yang mengalami kesulitan dalam belajar membaca yang akan mempengaruhi
anak tersebut ketika berada dibangku Sekolah. Pada penelitian ini penulis membuat
game sebagai media pembelajaran untuk melatih kemampuan baca pada anak.
Nama game yang dibuat oleh penulis adalah game ?Smart Puzzle?. Game ?Smart
Puzzle? adalah game yang berisi beberapa gambar dan huruf yang harus disusun
dengan benar oleh pemain. Game ini dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu kategori
hewan yang terdiri dari 10 stage dan 2 mini game, kategori profesi yang terdiri dari
10 stage dan 2 mini game dan kategori keluarga yang terdiri dari 6 stage dan 1 mini
game. Responden untuk penelitian ini berjumlah 30 Orang Tua yang memiliki anak
yang berada dibangku Taman Kanak ? Kanak. Dari hasil responden game ?Smart
Puzzle?, 30 orang responden didapati 29 responden setuju bahwa game ?Smart
Puzzle? cukup menarik anak untuk belajar membaca, 29 responden setuju bahwa
game ?Smart Puzzle? dapat membantu anak dalam belajar membaca dan 30
responden setuju bahwa game ?Smart Puzzle? dapat membantu anak dalam
menghafal huruf.