DETAIL DOCUMENT
MELATIH KEMAMPUAN BACA ANAK MELALUI GAME “Smart Puzzle”
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Soegijapranata
Author
Yunanto, Septyana Hardianti
Subject
Information Systems 
Datestamp
2023-05-23 02:41:50 
Abstract :
Kemampuan membaca setiap manusia harus dilatih agar dapat membantu kegiatan pembelajaran ketika anak di sekolah. Biasanya anak dilatih mengenal huruf sejak anak berada dibangku Taman Kanak ? Kanak. Namun ada beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam belajar membaca yang akan mempengaruhi anak tersebut ketika berada dibangku Sekolah. Pada penelitian ini penulis membuat game sebagai media pembelajaran untuk melatih kemampuan baca pada anak. Nama game yang dibuat oleh penulis adalah game ?Smart Puzzle?. Game ?Smart Puzzle? adalah game yang berisi beberapa gambar dan huruf yang harus disusun dengan benar oleh pemain. Game ini dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu kategori hewan yang terdiri dari 10 stage dan 2 mini game, kategori profesi yang terdiri dari 10 stage dan 2 mini game dan kategori keluarga yang terdiri dari 6 stage dan 1 mini game. Responden untuk penelitian ini berjumlah 30 Orang Tua yang memiliki anak yang berada dibangku Taman Kanak ? Kanak. Dari hasil responden game ?Smart Puzzle?, 30 orang responden didapati 29 responden setuju bahwa game ?Smart Puzzle? cukup menarik anak untuk belajar membaca, 29 responden setuju bahwa game ?Smart Puzzle? dapat membantu anak dalam belajar membaca dan 30 responden setuju bahwa game ?Smart Puzzle? dapat membantu anak dalam menghafal huruf. 
Institution Info

Universitas Katolik Soegijapranata