DETAIL DOCUMENT
PENGENALAN HEWAN PELIHARAAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN DAN HABITATNYA PADA ANAK USIA DINI DALAM DUA BAHASA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Soegijapranata
Author
Febriyanto, Wahyu
Subject
Information Systems 
Datestamp
2022-08-25 03:27:59 
Abstract :
Pengenalan terhadap lingkungan sekitar dibutuhkan anak untuk beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang termasuk didalamnya yaitu kehidupan makhluk hidup seperti manusia, hewan, serta tumbuhan. Peran orangtua dibutuhkan dalam memperkenalkan makhluk hidup tersebut. Salah satu makhluk hidup yang disenangi anak-anak adalah hewan, terutama hewan yang dapat dipelihara. Oleh karena itu dibuatlah game edukasi ?The Pets?. Dengan adanya game ?The Pets? diharapkan dapat membantu orangtua dalam memberi pembelajaran pengenalan hewan yang dapat dipelihara beserta makanannya dan tempat hidupnya kepada anak. Dalam penulisan ini berisi bagaimana cara merancang dan membuat game pengenalan hewan peliharaan berdasarkan jenis makanannya dan habitatnya dalam dua bahasa berbeda. ?The Pets? mempunyai platform Android dengan minimal API Level 14 dibuat menggunakan game engine Construct2. Menggunakan gambar model 2 dimensi dengan pewarnaan menarik bagi anak-anak menggunakan aplikasi CorelDrawX4. Dari hasil survei, ?The Pets? dapat memberikan pengetahuan baru serta dapat membantu anak-anak dalam belajar mengenal hewan yang dapat dipelihara dari segi tempat hidup dan makanannya. Anak-anak yang sebelumnya belum dapat menyebutkan kosa kata hewan dalam bahasa Inggris, setelah bermain ?The Pets? dapat menyebutkannya kedalam bahasa Inggris. 
Institution Info

Universitas Katolik Soegijapranata