DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI
Total View This Week97
Institusion
Universitas Katolik Soegijapranata
Author
DEWI, MARDHA KUSUMA
Subject
Emotional Intellegience 
Datestamp
2016-09-21 05:18:27 
Abstract :
Prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar yang ditentukan oleh mahasiswa itu sendiri dalam waktu tertentu. Prestasi belajar berbeda hasilnya antara satu orang dengan orang yang lainnya dan tercatat sebagai nilai rapor atau indeks prestasi. Prestasi belajar seorang mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu : kecerdasan, bakat, konsep diri, minat, motivasi, lingkungan, dan sikap. Dalam penelitian ini penulis lebih menitikberatkan kecerdasan emosional dan minat belajar mahasiswa karena adanya teori-teori yang mendukung kuat kedua faktor tersebut. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa akuntansi regular yang masih aktif tahun ajaran 2007/2008 dimana mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa tahun angkatan 2005 dan 2006 dan mahasiswa Universitas yang mempunyai tingkat akreditas A. Hasilnya ditemukan bukti bahwa kecerdasan emosional dan minat belajar yang baik belum tentu akan memberikan peningkatan terhadap prestasi belajar. 
Institution Info

Universitas Katolik Soegijapranata