Abstract :
Prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar yang ditentukan oleh mahasiswa
itu sendiri dalam waktu tertentu. Prestasi belajar berbeda hasilnya antara satu orang
dengan orang yang lainnya dan tercatat sebagai nilai rapor atau indeks prestasi.
Prestasi belajar seorang mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor, yaitu :
kecerdasan, bakat, konsep diri, minat, motivasi, lingkungan, dan sikap. Dalam
penelitian ini penulis lebih menitikberatkan kecerdasan emosional dan minat belajar
mahasiswa karena adanya teori-teori yang mendukung kuat kedua faktor tersebut.
Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa akuntansi regular yang masih aktif
tahun ajaran 2007/2008 dimana mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa tahun
angkatan 2005 dan 2006 dan mahasiswa Universitas yang mempunyai tingkat
akreditas A. Hasilnya ditemukan bukti bahwa kecerdasan emosional dan minat
belajar yang baik belum tentu akan memberikan peningkatan terhadap prestasi
belajar.