Abstract :
Onlam menjnga kelangsungan hidupnya. perusnhaan tidak
pernah terlepas dart kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk
menclptakan dan mcmpc-r-tahankan konsnmennya, karena keterlibatan
konsuRl cn tcrsubut akan mencntukan keberndaan perusnhaan_
Semakin kctntnya persaingan dalam dunia bisnis dewasa 10l.
akan n e maeu perusahaan - perusahaan untuk berlomba mengambil
ilati konsumcn donann bcrbali!ai usnha promosi. dengan harapan
akan tercipt.a pc rmintaan baril, 10.1- itas konsumen dapat
dipcrLahf.lnkan dan mcrebut konX~~a~i para pesaing.
I klan sehugni salah s ;:, ann [trii_o ang sellakin
Iwninl~k nt pcrana n nyn monja a.iana bisniG yang- U .ng dige-
Iwri dan di~cllJti daiLum unin Ilsahu. Sel'nirl itu n sudah
mcnjadt b!lgj an d tt'ri ke dupan ya~eIlPu gt.ni penga h yang
tir1ak dapat direlllehkn Ilisalny;a: dalum mcng- ek.apka kekll at::.
Jll - keknatalJ yanl! dlfQ· · i ..pcru.,ahann .
Hal terscbu t endoron'e: perils ain - peru ahann ntuk
Ilenet.upkan suatl.) -rnteg~1 periflan 8 ebnJlni perenc)lp an
komprchensif un t u k cmpro~osikan ba n dun jas ya ~ pacta
konsume n . Hengingat a ny-uk faktor y~ g p rlu dipe t1~b gkan
dalam IJcrencanaknn k .int.a per:rk4nan~, . r .ebut mop
haun harus cermat do; ha1:i hat i setta lIl~akukan an lisa
tcpat untuk ~cner a~an ke ia~an eriklanannya. H tc
membuat per i. klanan jadi o atu 8j g st,l'"llteQ:.i y ng d... .... l1""" is
dalull Il c ns.~hadflpi per ~nehn b isnl.s yang semakin ketat.
Hcnl!aCIl dnr i kl Yfltaan\e- ia'fa~II'ff'Kl\ pC1)ulis tarik
untllk melihat Ip.bi h .i' U teotan ~ sl.~egj. : ,)e.,,;.d.kla.nan. a i::1a PT.
Modern Photo Film. Unt.n cmpela.l . peZlDasalahan y I n: hcndak
dikaji .• maka d i kemukaknn rsoala.f.l pe~el ~ ti nn seQ.' ai ber i -
kilt: Ba/!aimnnu P'f . Hode .J!,lu!!.o Film mengan-a1fsa !ietiap
kepul;usan yang dig-unakan d r,ategi P~ a--ananqya dengan
baik, d i kaitkan d en~an rea si kons_li!.-w d-un ni1ai penjualannya
.
Selanjutnya dalam tinjauan pustaka dikemukakan teoriteort
yant~ mendukung pengumbilan keputusan pada stratcei
pcr.iklanan perusahaun.
Pada ba~ian analisis data digunakan ann1isis silang
untuk D'Icnaetahui. fr.ckwcnsi penayangan periklnnan perusahaWl,
analiSla .iar.ak klaster un1:uk menf-tetahui reaksi konsllmen, dan
unnlisis renresi dan korelasi untuk lDenaetahui pengaruh biaya
iklan dan nj.lai pcnjualnn perusahaan.
D.ui hasil dun pembahasan anal isis data, dengnn menggunakan
tabu]a~j, silanE': diketahut bahwa realtsi konsumcn dengnnIlclihat
penflyanp,an .ienis iklannya tert.inp,gt odalah lIlenggunakan
papnn reklame hal ini dedukun~ den~nn nlat analisa jarak
klastcr dtmnnn dari analisu tersebut konsumen memberi skor
tcrtinr,:gi pacla papan reklame, dari. analisn korelasi dan
regresi diketahui bahwa ada hubungan kuat dan positif an tara
Pada bagi an penutup dikemukakan kesimpulan yang dituju
kan untuk PT . Modern Photo Film yang menyimpulkan bahwa PT.
Kodern Photo Film telah menganalisa setiap keputusan dalam
pengguoaan strategi periklanannya dengan baik . Hal ini dapat
diliha1: dari ronksi konsumen yang baik terhadap iklan-iklan
perosahaan terutama terhadap papan reklame dan dapat dilihat
juga dari ni1ai penjualan perusahaan yang terus neningkat
dari talmn ke tahuo. PT. Modern Photo Film juga disarankan
untuk meningkatknn lagi kwalitas iklan dan frekwensi pcnayang
an untuk media p'apan reklume me'lihat bahwa papan reklame
memiliki pelunng yang baik dalam peningkntan nilai penjualan
perusnhaun .
I\khirnya uraian yang lebih rinci dnri hasil penelit.ian
ini dapat dibaca lebih lanjut dalam s r ipsi ioi.
biaya iklan dan nilai pen.iualan.