Abstract :
Pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai membaik kembali sete.lah
akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan, sehingga mendorong munculnya
kembali bisnis-bisnis grosir dan eeeran di Indonesia. Dengan scmakin
banyaknya pusat-pusat perbelanjaan yang didirikan, mengakibatkan
munculnya persaingan yang ketat antar pusat-pusat perbelanjaan. Keadaan ioi
mendorong perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang grosir dan
eeeran untuk semakin tanggap dalam menangkap peluang dan juga
mengerahkan segala daya upayanya untuk dapat mempertahankan pelanggan
bahkan menarik pelanggan baru.
Demikian halnya dengan Toka Makro Serna rang yang merupakan
pusat perbetanjaan yang relatif baru, yang me~hadiTkan sudut pandang baru
dalam hal berbelanja diantaranya dengan memakai modelnya yaitu cash and
ca,rry den~an,sjstem membership 5!sattu P~ ~y-aIl ' b beda ~engan yang
lam. selam Itu Toko Makro me ggunalCan faktor 11-- gal salah satu
variabel dominan dalam m itBn pelanggan., juga target pasa g sebagian
besar adalah ped.gang e eran dan ka~gan o~ (hptel, r oran dan
katcring), Dcngan didiri {nnyu Toko'Makro di Sem rang. TTl 'mbu'kan
pertanyaan apakah To JMakro dalam penjualann,ya mampu rn berikan
kepuasan kepada p nggannya y"'g berdomisik di Kota Semarang, ~
Berdasarkan uraian df'tas peReHt' rtartk untu mcrUl~ran
permasalahan yang ' t liti, Y tu: bagaiJl1l1.l& pe ilaian konsumen t r adap
atribut-atribut bauran p masar n pada Toko~akr'P d' Se arangt ang ~iPuti
atribut produk. harga . romosi an di'striqusi. ~
Selanjutnya aikan engcnai teOTi~teori yang meml! 1 perna, a an
dan pengertian yang rkait~n ((engan ~litia.n ini melip'u~~rti pe to ya
pemasaran, pengertia fnanajemen pemasaran "onsep -p;masaran. "uran
pemasaran. pengertian erilaku konsumeri" te / .LP-3ilaku-<"konsume 'aktN·
faktor eksrern maupun int~all'l1) Pl!hl~o~n:'Pengertn~ 'i 'ap, dan
proses keputusan pembelian. \ \ l
Dalam penelitian int y g ... menl:!i popJlas{ adalah el ~ h konsurncli
anggot. Toko Makro Semaran ~anil"p~~lakuk~pem " han produk di
Toko Makro Semarang. Besamya sampel'ly.aJ)g~~bll dengan menggunakan
teknik quotu sumpling. yaitu 100 orang. Sedangkan pengambilan sampei 100
orang tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling
dan Snowball Sampling, Jenis data yang digunakan adalah data primer dan
metode pengumpulan datanya dengan cara membagikan kue~ioner . Skala
pengukuran data dalam penelitian tni menggunakan skala Likert, Hasil uji
validitas dan reliabilitas terhadap 30 responden dengan menggunakan ex = 5 %
(0,05) menunjukkan bahwa data penelitian jni valid dan reliabel.
Metode anal isis data yang dipergunakan dalam pt:melitian ini
menggunakan anal isis kualitatif. di mana analisis ini tidak mernerlukan
perhitungan statistlk. lelapi hanya dianalisis berdasarkan skor atribut atAs data
yang diperoJeh berkenaan dengan penilaian konsumen atas atribut pmduk.
harga, promosi dan lokasi (saluran distribusi),
v
Berdasarkan hasil data, maka dapat diperoleh kesimpulan se~agai
berikut:
1. Penilaian konsumen terhadap atribut-atribut bauran pemasaran Taka
Makro Semarang adalah :
• Atribut prod uk, secara keseluruhan memiliki skor penilaian konsomen
sebesar 3,64, dengan interpretasi hasil baik.
• Airibut harga, secara keseluruhan memiliki skar peniJaian konsumen
sebesar 2,73, dengan interpretasi hasil cukup baik.
• Atribut promosi, secara keseluruhan memiliki skar penilaian konSllme:n
sebesar 3,11 , dengan interpretasi hasil cukup baik.
• Atribut lokasi (saluran distribusi), secara keseluruhan memiliki skar
peniJaian konsumen sebt=sar 3.82, dengan interpretasi hasil baik.
2. Urutan atribut yang paling penting Taka Makro adalah
atribut harga, produk, promosi, dan adalah atribut lokasi
(saluran distribusi).
.,.