DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Layanan Dan Hubungan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Unit Wagir
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Armando, Hilarius
Subject
658 Manajemen umum 
Datestamp
2023-02-09 03:44:06 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penagaruh kualitas layanan dan hubungan pelanggan terhadap kepuasaan pelanggan pada PDAM unit Wagir. Obyek dalam penelitian ini adalah masayarakat yang berada di kecamatan Wagir. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 108 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kemudian diolah dan di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik berupa uji multikolonieritas, uji heteroskedasitas, dan uji normalitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t (uji parsial) dan uji F (uji simultan). Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas Layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM unit Wagir, bungan Pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM unit Wagir, (3) Kualitas Layanan dan Hubungan Pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM unit Wagir 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan