DETAIL DOCUMENT
Penerapan Metode Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP PGRI 03 Tirtoyudo.
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Wulandari, Ely Septianing
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-09 05:04:50 
Abstract :
Penelitian ini diawali dari hasil observasi dan wawacara yang dilakukan peneliti di SMP PGRI 03 Tirtoyudo terhadap guru mata pelajaran matematika. Didapatkan informasi bahwa selama proses pembelajaran guru masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa lebih banyak diam, mendengarkan dan mencatat penjelesan dari guru sehingga siswa sulit sekali mengkonstruksi sendiri konsep-konsep matematika sehingga hasil belajarnya rendah. Melihat hal tersebut, maka metode Reciprocal Teaching perlu diterapkan untuk meningkatkan aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Reciprocal Teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perbandingan di SMP PGRI 03 Tirtoyudo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 03 Tirtoyudo semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, pedoman wawancara dan soal tes. Analisis data dalam penelitian dilakukan setelah pengumpulan data yang meliputi tiga tahapan sebagai berikut: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan tiga cara yang meliputi: (1)ketekunan pengamatan, (2) triangulasi, (3) pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 80,95 % dan siklus II sebesar 72,5% sedangkan untuk rata- rata persentase aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari silkus I ke siklus II yaitu dari 80 % siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan penerapan metode Reciprocal Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa meningkatkan hasil belajar siswa pada Perbandingan di SMP PGRI 03 Tirtoyudo. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan