DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Pemecahan Masalah Polya Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Di SMP Islam Ma Arif 02 Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
husniawati, Erni
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-09 05:04:53 
Abstract :
Kesulitan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah persoalan matematika, terutama jika soal disajikan dalam bentuk soal pemecahan masalah. Banyak peserta didik yang kesulitan dan melakukan kesalahan dalam memahami informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaiakan soal. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik berdasarkan langkah Polya dan penyebab kesalahan peserta didik dalam melakukan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskripsi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Islam Ma?arif 02 Malang yang berjumlah 28 peserta didik. Subyek penelitian ini diambil dengan cara memeriksa hasil pekerjaan peserta didik berdasarkan nilai yang diperoleh, kemudian mewawancarai peserta didik sampai didapat jawaban yang hampir sama, sehingga peneliti mengambil 9 peserta didik untuk dijadikan subyek penelitian dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Islam Ma?arif 02 Malang. Tingkat kemampuan pemecahan masalah kategori rendah sebanyak 11 peserta didik, tingkat kemampuan pemecahan masalah kategori sedang sebanyak 4 peserta didik dan tingkat kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi sebanyak 5 peserta didik. Penyebab kesalahan pemecahan masalah peserta didik yaitu tidak memahami materi dan tidak dapat mengerjakan soal. Kesimpulan penelitian ini yaitu peserta didik dibagi menjadi tiga kemampuan pemecahan masalah menurut langkah Polya yaitu rendah tidak mampu menyelesaikan langkah pemecahan masalah Polya sama sekali, sedang peserta didik hanya mampu memahami masalah, dan tinggi peserta didik mampu melaksanakan tahap memahami soal, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahap memeriksa kembali. Penyebab kesalahan peserta didik dalam mengerjakan soal yaitu peserta didik tidak memahami materi, tidak memahami teknik menyelesaikan soal, kurang konsentrasi dalam mengerjakan soal, tidak membuat kesimpulan akhir, dan kurang teliti. Penelitian ini hanya berfokus pada kemampuan berdasarkan teori Polya, oleh karena itu peneliti selanjutnya dapat mengembangkan lagi menjadi beberapa kemampuan yang lebih spesifik agar dapat lebih memantapkan hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan