DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Gaya Kognitif Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang.
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Julyanti, Filaria
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-09 05:04:42 
Abstract :
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 17 Malang siswa sering melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal pada materi persamaan garis lurus. Kesalahan-kesalahan terjadi baik ketika latihan maupun ulangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konsep berdasarkan gaya kognitif. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner gaya kognitif, tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 17 Malang berjumlah 28 siswa, terdiri atas siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah untuk diwawancara.Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan konsep siswa yang bergaya kognitif field independent yaitu kesalahan pada hasil akhir persamaan garis dari kedua garis, mencari persamaan garis dan menentukan gradien, jenis kesalahan konsep siswa yang bergaya kognitif field dependent yaitu kesalahan dalam menentukan gradien dan persamaan garis dari kedua garis, dan kesalahan dalam menentukan persamaan garis. Penyebabnya siswa melakukan kesalahan yaitu lupa materi yang sudah diajarkan, kurang teliti dalam pengerjaan soal, belum menguasai dasar perhitungan dan lain-lain. Solusi yang dapat digunakan oleh guru untuk meminimalkan dan menghindari terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan gaya kognitif dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus adalah memberi penguatan tentang pemahaman konsep materi kepada siswa supaya dalam proses transformasi, keterampilan proses serta penulisan jawaban siswa tidak kesulitan. Saran bagi guru supaya lebih menekankan pemahaman konsep kepada siswa agar tidak terjadi kesalahan dalam mengerjakan soal, dan saran bagi peneliti lain agar bisa mengembangkan skripsi ini menjadi lebih baik. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan