DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Dengan Teman Sebaya Di Kelas VII SMPs St. Petrus Kolilewa Nagekeo
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Wea, Maria Margaretha
Subject
370 Pendidikan 
Datestamp
2023-02-22 15:03:01 
Abstract :
Penyesuaian diri adalah suatu proses dinamis yang bertujuan untuk perilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih sesuai antar individu dengan lingkungannya. Penyesuaian diri dengan teman sebaya perlu ditingakan sehingga proses belajar dapat berjalan dengan lancar. Siswa SMPS St. Petrus Kolilewa yang memiliki tingkat penyesuaian diri rendah harus diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Dengan bimbingan kelompok siswa dilatih untuk lebih percaya diri, berani mengemukakan masalah yang sedang dihadapinya, dan bagaimana cara memecahkannya dengan bantuan kelompok sosial. Teknik sosiodrama digunakan karena sosiodrama bertujuan untuk menyelesaiakan masalah-masalah sosial termasuk penyesuaian diri. Melalui teknik sosiodrama, siswa akan belajar melakukan komunikasi efektif dengan orang lain dalam bentuk kegiatan memainkan sebuah peran. Teknik sosiodrama melatih kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan serta membangun hubungan dengan orang lain secara tepat sehingga dengan kemampuan memecahkan masalah yang dimiliki, siswa akan lebih mudah untuk mengatasi ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri di sekolah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen design dengan one group pretest and posttest design. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan perlakuan kepada indvidu melalui pre-test berupa skala penyesuaian diri, treatment dengan teknik sosiodrama, dan post-test dengan skala penyesuaian diri.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPS St. Petrus Kolilewa. Analisis menggunakan statistik non parametrik yaitu dengan bantuan SPSS For Windows 16.0 dengan menggunakan uji jenjang Wilcoxson. Hasil tes statistik uji Wilcoxson adalah sig. (2-tailed) adalah 0,012 < 0,05, artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya di kelas VIISMPS St. Petrus Kolilewa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama sangat efektif dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya. Untuk itu dapat dijadikan alternatif bantuan bagi konselor di sekolah dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Untuk peneliti selanjutnya dapat dijadikan acuan dalam melakukan peneliti serupa. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan