DETAIL DOCUMENT
Pengembangan LKPD Elektronik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Aplikasi Live Worksheet pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Bombang, Viktor
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 01:42:51 
Abstract :
Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik merupakan kumpulan lembaran digital yang berisikan materi pembelajaran, permasalahan, dan latihan soal yang harus dikerjakan oleh peserta didik secara sistematis berdasarkan ketercapaian kompetensi dasar. Penampilan E-LKPD dikemas lebih berwarna, banyak gambar, dan bisa diakses lewat gadget siswa dimanapun siswa berada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Elektronik materi Bangun Ruang Sisi Datar menggunakan aplikasi Live Worksheet pada siswa SMPN 17 Malang berdasarkan asas kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli media, serta subjek siswa kelas VIII SMPN 17 Malang. Penentuan subjek tersebut dilakukan secara acak yang terdiri dari 6 siswa untuk uji coba lapangan skala kecil dan 20 siswa untuk uji coba lapangan skala besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, quisioner dan tes hasil belajar berupa tes tertulis. Hasil wawancara sebagai tolak ukur pengembangan produk, quisioner untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan E-LKPD yang digunakan. Sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk menentukan keefektifan E-LKPD yang dikembangkan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek kevalidan produk E-LKPD yang dikembangkan diperoleh skor 3,35 dengan persentase 83,82% dari ahli materi, skor 3,27 dengan persentase 81,82% dari ahli pembelajaran dan skor 3,5 dengan persentase 87,5% dari ahli media, sehingga aspek kevalidan termasuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Akan tetapi masih ada saran dan komentar dari ahli validasi untuk menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana, memperhatikan kesalahan penulisan dan kalimat yang kurang tepat, ukuran huruf terlalu kecil serta memperbanyak soal. Pada aspek kepraktisan diperoleh skor 3,4 dengan persentase 85,54% dari hasil angket respon peserta didik uji coba lapangan skala kecil dan skor 3,44 dengan persentase 86% hasil angket respon peserta didik uji coba lapangan skala besar, tingkat kepraktisan masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada aspek keefektifan, diperoleh persentase ketuntasan nilai peserta didik sebesar 90%, mengindikasikan bahwa E-LKPD masuk dalam tingkat keefektifan sangat baik. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan