DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi untuk Meningkatkan Keaaktifan dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII D SMP Negeri 5 Kepanjen.
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Aryanto, Fransiskus
Subject
910 Geografi dan perjalanan 
Datestamp
2023-02-23 02:25:15 
Abstract :
Hasil observasi dikelas diketahui bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa VII D SMP Negeri 5 Kepanjen masih rendah. Bukti rendahnya keaktifan belajar siswa dikelas dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII D mata pelajaran IPS dengan presentase 38,23% (kategori kurang aktif). Setelah melihat permasalahan tersebut yaitu keaktifan dan hasil belajar siswa sangat rendah maka guru (peneliti) menerapkan model pembelajaran Artikulasi dalam melaksanakan penelitian dikelas VII D SMP Negeri 5 Kepanjen.Artikulasi merupakan model pembelajaran yang menekankan pada konsep siswa aktif. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa kelas VII D SMP Negeri 5 Kepanjen melalui model pembelajaran Artikulasi. Rancangan penelitian ini menggugunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kepanjen siswa kelas VII D tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri 35 siswa yaitu 21 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan, keterlaksaan model pembelajaran, Tes, dan catatan temuan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan menunjukan bahwa pada siklus I persentase keaktifan 73% kategori aktif, sedangkan persentase hasil belajarnya 65,71% dengan nilai rata-rata 68,28 kategori cukup baik. Untuk siklus II persentase keaktifan 87,85% kategori sangat aktif sedangkan persentase hasil belajarnya 80% dengan rata-rata 88 kategori sangat baik. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru IPS SMP Negeri 5 Kepajen agar dapat menerapkan model pembelajaran Artikulasi dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi refrensi bagi siswa akan pentingnya keaktifan belajar siwa Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Artikulasi dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, diharapkan dapat dilakukan dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan