DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Aktivitas Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp Kartika Iv-9 Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Unung, Helminata
Subject
530 Fisika 
Datestamp
2023-02-23 06:59:08 
Abstract :
Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui interaksi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa yang dilakukan di SMP Kartika IV-9 Malang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan non-randomize control group prestest and posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data mengunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji Anova dua jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada perbedaan aktivtas belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang belajarn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) ada interaksi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan