DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Multirepresentasi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Armasita, Vellina Retno
Subject
530 Fisika 
Datestamp
2023-02-23 06:57:57 
Abstract :
Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi, Penguasaan Konsep, Sikap Ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis multirepresentasi dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dengan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis multirepresentasi terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari sikap ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al Hidayah wajak semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari 48 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest only control group design, dan menggunakan analisis data anova dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis multirepresentasi dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,018 < 0,05. Nilai rata-rata penguasaan konsep fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis multirepresentasi adalah 82,92 dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) adalah 77,21. (2) Ada perbedaan penguasaan konsep fisika, antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah. Taraf signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi adalah 85,3 dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah 76,32. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbasis multirepresentasi terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari sikap ilmiah. Taraf signifikan yang diperoleh 0,682 > 0,05. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan