DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle 5e Pada Pokok Bahasan Kalor Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VII SMP Angkasa Singosari
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Kase, Viola Yanuaria
Subject
530 Fisika 
Datestamp
2023-02-23 06:56:34 
Abstract :
Learning Cycle 5E , Kemandirian Belajar, Penguasaan Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E yang digunakan efektif meningkatkan Kemandirian dan penguasaan konsep siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Modul pembelajaran ini divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan ahli media, 1 guru SMP kemudian diuji cobakan pada 10 siswa kelas VII dan 23 siswa kelas VII SMP Angkasa Singosari. Data dikumpulkan dengan angket skala 4. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan modul dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E efektif dapat meningkatkan kemandirian dan penguasaan konsep siswa. kemandirian belajar siswa sebelummenggunakan modul dengan skor 2,53. Sedangkan kemandirian belajar setelah menggunakan modul mengalami peningkatan yang dinilai oleh observer I dan II, memberikan respon Sangat Baik (SB) dengan rerata skor sebesar 3,58. Penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan modul lebih tinggi dibandingkan penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan penguasaan konsep sebelum menggunakan modul kemudian diberi tes memperoleh rerata nilai 73 dan setelah belajar menggunakan modul kemudian diberi tes memperoleh rerata nilai 90. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan