DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Elastisitas Siswa Kelas X Smk Negeri 10 Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Sulas, Marselina
Subject
530 Fisika 
Datestamp
2023-02-23 06:56:38 
Abstract :
Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis,Hots Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berikir kritis dan higher order thinking skill (Hots) melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang belajar melalui Konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest dan posttest only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa pada kelas X TKJ4 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X TKJ2 sebagai kelas kontrol di SMK Negeri 10 Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Hots), kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peningkatan keterampilan berpikir kritis yang belajar melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang belajar melalui konvensional dengan nilai Fhitung sebesar 7.462 pada taraf signifikansi 0.008 < 0.05. 2) Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Hots) yang belajar melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang belajar melalui konvensional.dengan nilai Fhitung sebesar 4.241 pada taraf signifikansi 0.043 < 0.05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh secara positif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Hots) 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan