DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Smk Negeri 10 Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Mesi, Fransiska Satriani Silfani
Subject
530 Fisika 
Datestamp
2023-02-23 06:57:44 
Abstract :
Problem Based Learning (PBL), Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kualitas keterlaksanaan model Problem Based Learning, 2) mengetahui penerapan model PBL dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMK Negeri 10 Malang berdasarkan tahapan Polya kemudian memberikan soal berupa tes tertulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik analsis data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 10 Malang. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes tertulis untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dari 68,33% meningkat menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil peelitian tersebut, maka peneliti menyarankan supaya guru menggunakan model Problem Based Learning (PBL) secara konsisten karena telah terbukti kebehasilannya terhadap kemampau pemecahan masalah fisika siswa SMK Negeri 10 Malang. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan