DETAIL DOCUMENT
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Problem solving dengan Asesmen Formatif
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Ayu, Rista
Subject
530 Fisika 
Datestamp
2023-02-23 09:32:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi suhu dan kalor menggunakan model pembelajaran problem solving dengan formatif asesmen. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan sampel sebanyak 38 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa adalah soal uraian dan wawancara singkat untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah awal dan akhir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan pemecahan masalah awal pada materi suhu dan kalor menggunakan model pembelajaran problem solving dengan formatif asesmen masih tergolong rendah, 2) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap materi suhu dan kalor setelah menggunakan model problem solving dengan formatif asesmen dengan N-Gain sebesar 0,59 yang masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikemukakan implikasi penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dengan formatif asesmen dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi suhu dan kalor. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan