DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Google Classroom Pada Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Juhandi, Leonardus
Subject
530 Fisika 
Datestamp
2023-02-23 09:32:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dengan pembelajaran konvensional menggunakan aplikasi google. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen semu dengan desain penelitian non-Equivalen pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Wagir pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 60 siswa yang terbagi dalam satu kelompok kelas eksperimen dan satu kelompok kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes prestasi belajar dan angket (kuisioner) motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis varian anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikan 0,008 < 0,05. Karena nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Dengan taraf signifikan 0,033 < 0,05. Dengan demikian nilai sig < 0,05 (0,033 < 0,05) maka H0 di tolak dan H1 di terima. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Examples Non Examples dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa. Dimana pada hasil uji anova dua jalur menunjukan bahwa nilai signifikan 0,853>0,05 maka tidak terdapat interaksi model pembelajaran examples non examples dengan motivasi terhadap prestasi belajar fisika siswa. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan