DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Matriks Kelas X TKJ 1 Di SMK Negeri 11 Kota Malang Tahun Pelajaran 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Salomon, Titus
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 13:33:42 
Abstract :
Persoalan yang ada adalah model pembelajaran yang digunakan masih konvensional (pembelajaran berpusat pada guru), interaksi guru dan siswa masih kuarang, siswa masih banyak yang bermain sendiri pada saat proses belajar mengajar, dan siswa masih malu untuk bertanya jika mengalami kesulitan. Sehubungan dengan masalahdi atas agar pembelajaran dapat menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar dapat dilakukan denganmodel Quantum Teaching yang merupakan salah satu model pembelajaran dengan menerapkan cara-cara baru yang mempermudah proses pembelajaran dan menekankan pada terciptanya suasana yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk belajar dan mempunyai kemauan untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar. Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 11 Kota Malang dengan jumlah siswa 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian dengan materi matriks dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan kelas yaitu 69,31 dan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata kelas yakni 83,62 dan adanya perubahan pada aktifitas siswa pada siklus II yaitu 94,11% dibandingkan dengan siklus I yaitu 75% 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan