DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 02 Singosari
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Noi, Kaletus
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 13:33:48 
Abstract :
Pendidikan memegang peranan penting dalam kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju. Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan dalam suatu negara salah satunya adalah karena guru. Guru mempunyai peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan anak didiknya. Guru harus pandai memilih metode serta media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik, supaya anak didik merasa senang dalam proses belajar mengajar berlangsung. Media pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya dunia informasi dan teknologi. Teknologi baru terutama multimedia mempunyai peranan semakin penting dalam proses pembelajaran. Banyak orang percaya bahwa multimedia akan dapat membawa kepada situasi belajar dimana learning with effort akan dapat digantikan dengan learning with fun. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media Power Point dengan hasil belajar matematika siswa kelas X EI SMK Negeri 02 Singosari?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas X EI SMK Negeri 02 Singosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X EI SMK Negeri 02 Singosari tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 323 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa. Metode pengumpulan data adalah melalui angket, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatra penggunaan media power point terhadap hasil belajar. Dari uji parsial menunujukan bila nilai signifikan t kurang dari 0,05 ada pengaruh yang signifikan antara variabel bebas yang diukur terhadap terhadap variabel terikat. Dari tabel diperoleh bahwa signifikan variabel Penggunaan media power point (X) adalah 0,00 dan t hitung untuk Penggunaan media power point (X) adalah 4.746. Dari tabel Anovab nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05, sedangkan harga F sama dengan 22.526, oleh karena itu variabel penggunaan media power point berpengaruh terhadap hasil belajar yang sangat signifikan, maka (Ho ditolak) sedangkan (Ha diterima). 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan