DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Relasi pada Siswa Kelas VIII A SMP Budi Mulia Pakisaji
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Tande, Efentinus Sukardinarto
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 13:28:34 
Abstract :
Kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi terutama pada mata pelajaran matematika menyebabkan siswa merasa jenuh, sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran yang hanya dengan ceramah dan penugasan dapat mengakibatkan hasil belajar siswa yang tidak memuaskan. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran yang banyak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Think Talk Write yang dapat meningkatkan asil belajar materi relasi pada siswa SMP Budi Mulia Pakisaji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tempat penelitian adalah SMP Budi Mulia Pakisaji. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Budi Mulia Pakisaji yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpul data yang digunakan meliputi tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil pembelajaran pada siklus I yaitu: (1) peneliti kurang bisa mengalokasi waktu secara tepat; (2) ada kegaduhan pada saat pembagian kelompok; (3) siswa kurang aktif pada saat diskusi; (4) siswa bingung untuk menyampaikan idenya karena keterbatasan LKK; (5) hasil tes menunjukkan bahwa 68,75% siswa mendapat skor minimal 70. Kriteria keberhasilan belajar yang harus dicapai pada penelitian ini yaitu 75% siswa mendapat skor minimal 70. Hasil observasi terhadap aktivitas guru menunjukkan persentase keberhasilan proses sebesar 68,75%, sedangkan aktivitas siswa sebesar 66,66%. Karena siklus I tidak memenuhi kriteria keberhasilan, maka peneliti melakukan siklus II dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I. Hasil pembelajaran pada siklus II yaitu: (1) pembagian LKK yang merata; (2) siswa terlihat bersemangat dan aktif berdiskusi; (3) peneliti selalu memberikan penguatan bagi siswa yang aktif; (4) peneliti mengalokasi waktu dengan baik; (5) hasil tes menunjukkan 87,5% siswa mencapai ketuntasan belajar, sedangkan persentase keberhasilan proses terhadap aktivitas guru sebesar 87,5% dan aktivitas siswa sebesar 86,66%. Peningkatan hasil tes dari siklus I ke siklus II sebesar 18,75%, hasil observasi guru meningkat sebesar 18,75%, dan hasil observasi siswa meningkat sebesar 20%. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write materi relasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Budi Mulia Pakisaji. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan