DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 WAGIR Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Farani, Natalia Elniati
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 13:24:38 
Abstract :
Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan dan menganalisis model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP PGRI 01 Wagir Malang, bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah, siswa cendrung kurang aktif. sehingga kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar mereka belum maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Peneliti berpikir bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap pada tahun 2018/2019 di kelas VIII B SMP PGRI 01 Wagir Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Prosedur Pengumpulan data: Observasi, Tes berpikir kritis dan tes Prestasi belajar siswa untuk mengamati aktivitas peneliti dan siswa selama proses kegiatan pembelajaran. tes berpikir kritis menggunakan soal uraian yang berjumlah 4 nomor soal, tes prestasi belajar belajar disusun berdasarkan kisi-kisi soal yang berisi kompetensi pencapaian konsep soal pilihan ganda berjumlah 8 butir soal. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, rata-rata kualitas keterlaksanaan pembembelajaran oleh kedua pengamat yaitu pada siklus I sebesar 78,31% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II sebesar 85,77% dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari analisis kemampuan berpikir kritis yang dicapai oleh siswa pada siklus I 73,17% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 88,67%. Peningkatan ini juga terjadi pada Prestasi Belajar pada siklus I 73,43 % sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 81,76%. Akhirnya disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP PGRI 01 Wagir Malang. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan