DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan TPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI 6 Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Yuliani, Anastasia
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 13:23:10 
Abstract :
Peserta didik menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini terbukti selama proses pembelajaran peserta didik cenderung pasif. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik terhadap pelajaran matematika sangat rendah. Salah satu alternatif mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran discovery learning dan TPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran discovery learning dan TPS pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar pada kelas VIII SMP PGRI 6 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa pengujian instrumen penelitian yang terdiri uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengujian hipotesis memperoleh nilai signifikansi < 0.05 yaitu 0.001 (2) Rata-rata nilai hasil belajar yang menggunakan kombinasi model pembelajaran discovery learning dan TPS sebesar 80.97 dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebesar 73.69. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh kombinasi model pembelajaran discovery learning dan TPS terhadap hasil belajar peserta didik di SMP PGRI 6 Malang. Saran bagi guru matematika untuk mengggunakan kombinasi model pembelajaran discovery learning dan TPS sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitan lanjutan mengenai kombinasi model pembelajaran discovery learning dan TPS sebaiknya melakukan pengembangan pada materi yang berbeda ataupun menggunakan media sehingga lebih diketahui keefektifan penggunaan kombinasi model pembelajaran discovery learning dan TPS pada pelajaran matematika. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan