DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Di SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Susanti, Kiky Meilita Dia
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 13:23:15 
Abstract :
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan sumber belajar yang dikembangkan guru sebagai penunjang dalam proses pembelajaran, dari hasil observasi LKPD yang digunakan di SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang masih kurang variatif sehingga kurang menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) yang memiliki kevalidan, kelayakan dan keefektifan yang baik. Penelitian ini juga menghasilkan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yakni terdiri tahap pendefinisin (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate), namun peneliti hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Teknik analisis data meliputi 1) kevalidan LKPD yang diperoleh dari validasi ahli desain, ahli materi dan ahli pembelajaran, 2) kelayakan diperoleh dari angket respon dan wawancara oleh guru dan peserta didik, c) keefektifan diperoleh dari hasil tes belajar peserta didik dalam uji coba lapangan terbatas dengan jumlah 9 peserta didik dan uji coba lapangan lebih luas dengan jumlah 25 peserta didik. Hasil dari penelitian didapat: a) kevalidan dengan kriteria ?sangat valid? berdasarkan penilaian ahli desain, ahli materi dan ahli pembelajaran dengan skor masing-masing 80%, 81,3% dan 90%, b) kelayakan dengan kriteria ?sangat layak? berdasarkan angket respon guru dan peserta didik dengan skor masing-masing 80,8% dan 93,3%, c) keefektifan dengan kriteria ? sangat efektif? berdasarkan tes hasil belajar peserta didik dengan kategori ketuntasan 81,81%, sehingga dari ketiga aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran matematika materi PLSV kelas VII yang telah dikembangkan berkualitas. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada guru hendaknya menggunakan LKPD ini dalam pembelajaran di kelas sehingga peserta didik mampu memecahkan permasalahan matematis yang dapat menumbuhkembangkan pola pikir peserta didik terhadap pembelajaran matematika dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat sampai pada tahap pengembangan (disseminate). 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan