DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Manipulatif Pada Materi Bangun Datar Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 5 Mukok Kalimantan Barat
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Leha.Mc, Yulia
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 13:24:33 
Abstract :
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah salah satu bahan ajar yang digunakan sebagai panduan dalam melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. Bahan ajar yang digunakan oleh guru di SMP Negeri 5 Mukok Kalimantan Barat berupa buku paket dan kegiatan pembelajaran pun cenderung monoton, sehingga kurangnya keterlibatan peserta didik secara langsung dalam menemukan konsep matematika, sehinggga diperlukannya pengembangan LKPD yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Manipulatif Pada Materi Bangun Datar Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 5 Mukok Kalimantan Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan mengacu pada model ADDIE, yang meliputi: Analisis (Analysis), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Uji coba dilakukan melalui 2 tahap, yaitu uji coba kelompok kecil pada 9 peserta didik kelas VII B dan uji coba kelompok besar pada 20 peserta didik kelas VII A. Hasil validasi ahli materi pada aspek memperoleh skor 3,4 dengan kriteria valid. Validasi ahli media memperoleh skor 3,33 dengan kriteria valid dan validasi ahli pembelajaran memperoleh skor 3,54 dengan kriteria valid. Hasil angket respon pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 3,64 dengan kriteria sangat layak. Keefektifan LKPD menunjukkan 2 dari 9 peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), sehingga diperoleh persentase ketuntasan sebesar 78% dengan kriteria baik. Hasil angket respon pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 3,68 dengan kriteria sangat layak. Keefektifan LKPD menunjukkan 2 dari 20 peserta didik belum mencapai KKM, sehingga diperoleh persentase ketuntasan sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Hasil tes belajar peserta didik diperoleh 4 dari 29 peserta didik belum mencapai KKM, yaitu mendapat nilai < 70. Diperoleh total persentase ketuntasan sebesar 84% dengan kategori sangat baik. Dari hasil angket validasi, angket respon dan hasil tes dapat disimpulkan bahwa LKPD ini valid, layak dan efektif diterapkan pada materi bangun datar segi empat. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengimplementasikan LKPD dengan bantuan berbagai media pada materi lain dalam pembelajaran matematika. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan