DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Aisyah, Fitria Nur Kusti
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 13:21:32 
Abstract :
Soal cerita matematika merupakan soal berupa narasi, soal cerita matematika digunakan untuk menggali kemampuan berfikir peserta didik dan selalu identik dengan konsep. Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita cenderung pada kesalahan konsep, langkah penyelesaian dan perhitungan aljabar. Kriteria Watson menjadi indikator dalam menganalisis kesalahan pengerjaan karena kriteria tersebut mengarah pada alur yang logis dalam menyelesaian soal dan teknis pengerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kriteria Watson. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 2 peserta didik kesalahan tinggi, 2 peserta didik kesalahan sedang dan 2 peserta didik kesalahan rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP NU Sunan Giri Kepanjen kelas VII-C. Data yang dianalisis adalah data hasil tes soal cerita dan wawancara. Kesalahan yang dianalisis dikategorikan dengan menggunakan kategori kesalahan Watson yang terdiri dari 8 kesalahan. Uji keabsahan data yang dilakukan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis yang dilakukan oleh peneliti 4 peserta didik melakukan kesalahan prosedur tidak tepat. Pada kesalahan data tidak tepat, masalah hierarki keterampilan dan kesalahan data hilang masing-masing dilakukan oleh 5 peserta didik. Kriteria kesalahan manipulasi tidak langsung dilakukan oleh 4 peserta didik, 3 peserta didik melakukan kesalahan konflik level respon 6 peserta didik melakukan kesalahan kesimpulan hilang. Peserta didik tidak ada yang melakukan kesalahan selain ketujuh kriteria tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kesalahan yang dilakukan peserta didik yaitu kesalahan kesimpulan hilang, baik tidak ada kesimpulan maupun kesimpulan kurang tepat. Saran peneliti yaitu guru dapat menjadikan hasil penelitian ini untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik pada materi pecahan agar dapat menentukan langkah yang tepat untuk meminimalisir kesalahan. Saran lain yang diberikan peneliti, peneliti lain dapat mengkaji dan mengembangkan lebih detail tentang instrumen penelitian yang lebih baik, sehingga kesalahan peserta didik dapat teridentifikasi 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan