DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMpP Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Merna, Verliana
Subject
910 Geografi dan perjalanan 
Datestamp
2023-02-23 14:39:24 
Abstract :
Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Orang tua berpendididkan tinggi berbeda orang tua berpendidikan rendah saat memberi motivasi kepada anak. Pendapatan orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Dilihat dari cara orang tua memberi fasilitas kepada anak. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan analisis deskriptif linear berganda. Populasi 320 siswa, dan sampelnya 60, instrument nya angket dan teknik pengumpulan datanya dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil analis persamaan regresi:Y= 87,555+0,653X1+0,854 X2 artinya motivasi belajar dipengaruh oleh tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua. Kesimpulannya 1) pendidikan orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar. uji t diperoleh thitung 0,680 nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000. 2) pendapatan orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar thitung 0,823 nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000. 3) pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap motivasi belajar berdasarkan uji F Fhitung 85,624 nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000. Saran orang tua hendaknya dapat memberikan motivasi dan dukungan kepada anak dirumah. Guru sebagai motivator upaya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa disekolah. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan