DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesalahan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Nugroho, Dedy Ardianto
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2023-02-23 15:07:31 
Abstract :
Berdasarkan hasil observasi pada kelas VII SMP PGRI 04 Kalipare masih terdapat kesalahan para peserta didik dalam mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah. Kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik mengacu pada kesalahan pada tahapan Polya. Penggunaan tahapan Polya ini terdiri dari empat tahapan, tahap yang pertama yakni memahami masalah, tahap yang kedua yakni menyusun kembali, tahap yang ketiga yakni melaksanakan rencana dan tahap yang keempat yakni memeriksa kembali. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP PGRI 04 Kalipare yang berjumlah 12 peserta didik dengan perincian 5 laki-laki dan 7 perempuan. Data akan dianalisis dengan menggunakan metode triangulasi. Pengambilan data dilakukan dengan tes kesalahan kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Hasil validasi dari validator bahwa soal kemampuan pemecahan masalah dinyatakan valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Data menunujukkan bahwa 5 peserta didik berada pada tingkatan tinggi, 5 peserta didik berada pada tingkatan sedang, dan 2 peserta didik berada pada tingkatan rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa subjek penelitian masih relatif melakukan kesalahan dalam menyelesaiakn soal pemecahan masalah. Rata-rata kesalahan yang dilakukan peserta didik dapat ditaksir sebagai berikut: 1) kesalahan memahami masalah sebesar 16,67%, 2) kesalahan menyusun rencana sebesar 61,33%, 3) kesalahan melaksanakan rencana sebesar 61,33%, dan 4) kesalahan memeriksa kembali sebesar 83,33%. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan