DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Bimbingan Belajar Individu Terhadap Peningkatan Kemampuan Baca, Tulis, Hitung (Calistung) Siswa Kelas 1 SDN Kenongo 1 Jabung Kabupaten Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Faidhah, Yulia Rohmatul
Subject
372 Pendidikan dasar 
Datestamp
2023-02-23 15:04:49 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan bimbingan belajar individu terhadap peningkatan kemampuan calistung siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Ekperimental design menggunakan rancangan penelitian Non-equivalent control group desigen. Instumen yang digunakan adalah RPP, LKS, dan soal pre-test dan Pos-test. Hasil penelitian yang diperoleh dari data dilapangan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dengan adanya penerapan bimbingan belajar individu untuk meningkatkan emampuan calistung siswa kelas I di SDN kenongo 1 Jabung Kabupaten Malang. Dapat dilihat pada uji t dengan perolehan sig 0,01 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengeruh yang signifikan antara bimbingan belajar individu terhadap peningkatan kemampuan calistung siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkat diantaranya bagi kepalas sekolah, guru kelas dan peneliti selanjutnya untuk meningkatkan mutu pendidikan 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan