DETAIL DOCUMENT
Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Kelas XI Di SMKS PGRI Pakisaji
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Kanjuruhan
Author
Mansen, Marsianus
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 
Datestamp
2023-02-24 03:34:43 
Abstract :
Dunia pendidikan akhir-akhir ini menghadapi persoalan yang kompleks, terutama dalam hal penanaman nilai-nilai moral. Merebaknya isu-isu moral di kalangan remaja seperti, penggunaan narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba), tawuran, pornografi, pemerkosaan, merusak milik orang lain, perampasan, penipuan, penganiayaan, perjudian, pelacuran, dan pembunuhan, sudah menjadi masalah sosial yang sampai saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu untuk memperbaiki moral siswanya. Masalah dalam penelitian ini adalah Strategi penanaman nilai-nilai moral pada siswa kelas XI di SMKS PGRI Pakisaji,Perubahan apa saja yang terjadi pada siswa kelas XI setelah di lakukan penanaman nilai-nilai moral, Apa saja faktor pendukung dan penghambat terhadap strategi penanaman nilai-nilai moral pada siswa kelas XI di SMKS PGRI Pakisaji. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi dalam penelitian ini di SMKS PGRI Pakisaji. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Strategi penanaman nilai-nilai moral pada siswa kelas XI di SMKS PGRI Pakisaji sudah berjalan cukup baik. Dengan menggunakan pendekatan yang baik oleh guru terhadap anak didiknya, strategi yang di gunakan melalui mata pelajaran PPKn,Agama,Pengembangan diri,budaya sekolah, penguatan positif dan negative,Seperti siswa selalu datang tepat waktu kesekolah dan bertutur kata yang baik terhaap sesama temanya, Memberikan salam kepada bapak dan ibu guru sa,at mereka berada di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Pendekatan moral kognitif dilakukan denganmelakukan diskusi kelompok,. Nilaimoral yang ditanamkan pada anak didik seperti, religius, jujur,tanggung jawab toleransi, disiplin,demokrasi. (2) Perubahan yang terjadi pada siswa kelas XI di SMKS PGRI Pakisaji setelah dilakukan penanaman nilai-nilai moral,Mereka selalu bersikap disiplin,saling menghormati sesama umat beragama, selalu berdoa sebelum memulai (KBM). (3) Faktor pendukung dan penghambat terhadap strategi penanaman nilai-nilai moral pada siswa kelas XI di SMKS PGRI pakisji, Pendukung :Berdoa sebagai bentuk untuk memupuk kebaikan,Upacara bendera pada hari senin, Media sebagai bentuk untuk meningkatkan pemajuan untuk belajar pada anak didiknya.Penghanmabat :Seiring berkembang alat telekomunikasi (Hadphone) siswa sering bermain game, facebook,whatsaap ketimbang mereka membaca buku, seperti Latar belakang siswa yang berbeda, karakter anak yang sulit diatur. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah Guru memberikan teladan yang baik, nasihat, dan Guru selalu memberikan motivasi yang baik terhadap anak didik dalam pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai moral. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi penanaman nilai moral pada siswa kelas XI di SMKS PGRI Pakisaji sudah berjalan cukup baik, walaupun didalam proses pelaksanaanya masih ada hambatan. 

Institution Info

Universitas PGRI Kanjuruhan