Abstract :
Banyaknya pengunjung yang datang di Jabalmart Kefamenanu
menyebabkan antrian yang begitu panjang di depan kasir pembayaran. Disiplin
antrian yang diterapkan di Jabalmart Kefamenanu yakni, First In First Out yaitu
pelanggan yang datang terlebih dahulu akan dilayani terlebih dahulu. Bentuk
model antrian dalam penelitian ini pada Jabalmart Kefamenanu adalah Multi
Chanel Single Phase yaitu dua fasilitas pelayanan atau lebih (multi) dan dialiri
jalur tunggal (single). Tujuan dari penelitian ini untuk mengoptimalkan pelayanan
pada kasir di Jabalmart Kefamenanu. Adapun hasil penelitian ini rata-rata waktu
pelayanan pada setiap kasir cukup efektif, karena setiap kasir memiliki tingkat
intensitas pelayanan ( ) yaitu kasir I tingkat intensitas pelayanan ( ) adalah
0,63 , kasir II tingkat intensitas pelayanan ( ) adalah 0,6 1 dan kasir III
tingkat intensitas pelayanan ( ) adalah 0,23 , dapat disimpulkan bahwa tingkat
optimal pelayanan pada kasir di Jabalmart cukup efektif dan sudah dikatakan
optimal.