DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM OPTIMALISASI LAYANAN PADAJABALMART KEFAMENANU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Timor
Author
Lopez, Deoniza Antonia Aprilita
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2022-08-03 06:05:05 
Abstract :
Banyaknya pengunjung yang datang di Jabalmart Kefamenanu menyebabkan antrian yang begitu panjang di depan kasir pembayaran. Disiplin antrian yang diterapkan di Jabalmart Kefamenanu yakni, First In First Out yaitu pelanggan yang datang terlebih dahulu akan dilayani terlebih dahulu. Bentuk model antrian dalam penelitian ini pada Jabalmart Kefamenanu adalah Multi Chanel Single Phase yaitu dua fasilitas pelayanan atau lebih (multi) dan dialiri jalur tunggal (single). Tujuan dari penelitian ini untuk mengoptimalkan pelayanan pada kasir di Jabalmart Kefamenanu. Adapun hasil penelitian ini rata-rata waktu pelayanan pada setiap kasir cukup efektif, karena setiap kasir memiliki tingkat intensitas pelayanan ( ) yaitu kasir I tingkat intensitas pelayanan ( ) adalah 0,63 , kasir II tingkat intensitas pelayanan ( ) adalah 0,6 1 dan kasir III tingkat intensitas pelayanan ( ) adalah 0,23 , dapat disimpulkan bahwa tingkat optimal pelayanan pada kasir di Jabalmart cukup efektif dan sudah dikatakan optimal. 
Institution Info

Universitas Timor