Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab
siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun
ruang sisi lengkung berdasarkan Prosedur Newman.Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Pengumpulan data menggunakan tes dan
wawancara.Penelitian ini melibatkan siswa kelas IXA
yang berjumlah 21
orang.Subjek untuk wawancara diambil 3 dari 21 siswa kelas IXA
, berdasarkan
kategori tinggi, sedang dan rendah.Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait
hasil pekerjaannya pada soal matematika materi bangun ruang sisi lengkung.Uji
keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode.Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IXA SMP N
1Amanuban Barat. Kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal matematika
materi bangun ruang sisi lengkung yaitu: kesalahan memahami, kesalahan
transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir.