Abstract :
Penelitian ini berjudul Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi
Menggunakan teknik bercerita Pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Insana. Teknik
dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan penyajian data
secara kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
menulis puisi setelah menerapkan Teknik bercerita pada siswa kelas VIII SMP N 2
Insana. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIIIB SMPN 2 Insana
tahun ajaran 2020/2021 semester genap sedangkan objek penelitian adalah hasil
kerja siswa menulis puisi minimal 10 maksimal 15. Untuk dapat mengetahui
tingkat kemampuan siswa, penulis menggunakan teknik bercerita menurut Loban
dan Dhenie.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa yang berjumlah 15 siswa
dalam menulis puisi pada tes siklus I, tingkat kemampuannya mencapai 57,3%
dengan jumlah 4 siswa mencapai kriteria ketuntasan yakni, 70-100 sedangkan
sisanya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Kemudian penulis melakukan
tes pada siklus II, tingkat kemampuan mencapai 76% dengan jumlah 15 siswa
mencapai kriteria ketuntasan dalam menulis puisi menggunakan teknik cerpen.