Abstract :
Kemampuan verbal dapat membantu siswa dalam memahami makna kata dan
menghubungkan kata-kata atau konsep matematis serta model matematika dari
masalah matematika yang diberikan sehingga siswa mampu memecahkan masalah
matematika. Realita menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang kurang mampu
dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah sehingga penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPK St.
Isidorus Besikama yang ditinjau dari kemampuan verbalnya. Jenis penelitian ini
adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPK St.
Isidorus Besikama yang berjumlah 31 orangdengan subjek wawancara 3 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan
hasil penelitian terdapat kategori siswa dengan kemampuan verbal tinggi, sedang dan
rendah. Siswa dengan kemampuan verbal tinggi memiliki kemampuan memahami
bacaan, mengubah informasi yang diberikan menjadi informasi matematis yang dapat
diselesaikan sehingga mampu memecahkan masalah matematika yang diberikan.
Siswa dengan kemampuan verbal sedang kurang memahami makna dalam membuat
model matematika sehingga siswa kurang mampu memecahkan masalah matematika
yang diberikan. Siswa dengan kemampuan verbal rendah tidak memiliki kemampuan
memahami makna dalam membuat model metematika sehingga siswa tidak mampu
memecahkan masalah matematika yang diberikan.