Abstract :
Nama peneliti : Adrianus X. Nenis (41170057) Pembimbing I Bapak Dr.Maximus L. Taolin,
SE.,MSc, Pembimbing II Bapak Sirilius Nafanu, SE.,MM. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh promosi, strategi pemasaran, dan kinerja pemasaran terhadap pendapatan BarberShop yang
berada di Kota Kefamenanu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis
penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang didasarkan atas perhitungan yang
menggunakan angka mulai dari pengumpulan data , penafsiran terhadap data tersebut, serta
penampilan dan hasilnya. Variabel beabas (independent) dalam penelitian ini adalah promosi, Strategi
pemasaran, dan kinerja pemasaran serta variabel terikat (dependent) adalahpendapatan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan studi
pustaka. Subjek penelitian ini adalah 30 Barbershop yang berada di Kota Kefamenanu dan sampel
yang diteliti sebanyak 30 perusahaan Barbershop.
Teknik analisis menggunakan model regresi sederhana dan regresi berganda yaitu variabel
promosi (X1) berpengaruh terhadap pendapatan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t diperoleh
tingkat signifikasi 0,00 karena signifikasi lebih kecil dari 0,05 (00 < 0,05), dan nilai koefisien
determinan sebesar 0,362. Besarnya sumbungan variabel X1 terhadap Y sebesar 36,2% sedangkan
sisanya sebesar 63,2% di pengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Maka kesimpulannya
variabel X1 (promosi) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan. Strategi
pemasaran (X2) berpengaruh tehadap pendapatan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t diperoleh
tingkat signifikasi 0,00 karena signifikasi lebih kecil dari 0,05 (00 < 0,05), dan nilai koefisien
determinan sebesar 0,397. Besarnya sumbungan variabel X2 terhadap Y sebesar 39,7% sedangkan
sisanya sebesar 60,3% di pengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Maka kesimpulannya
variabel X2 (strategi pemasaran) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan.
Kinerja Pemasaran (X3) berpengaruh tehadap pendapatan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji t
diperoleh tingkat signifikasi 0,00 karena signifikasi lebih kecil dari 0,05 (00 < 0,05), dan nilai
koefisien determinan sebesar 0,244. Besarnya sumbungan variabel X3 terhadap Y sebesar 24,4%
sedangkan sisanya sebesar 75,6% di pengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Maka
kesimpulannya variabel X3 (kinerja pemasaran) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap
pendapatan. Variabel promosi (X1), strategi pemasaran (X2), kinerja pemasaran (X3) secara sama-sama
atau simultan berpengaruh pendapatan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji F peroleh nilai
signifikais sebesar (0,000) < (0,05), dan besarnya nilai koefisien determinasi Adjusted R Square
sebesar 0,532. Besarnya sumbangan variabel promosi (X1), variabel strategi pemasaran (X2), dan
variabel kinerja pemasaran (X3) secara bersama-sama 53,2% sisanya 46,8% di pengaruhi oleh variabel
lain diluar model penelitian ini. Maka kesimpulannya variabel promosi (X1), variabel strategi
pemasaran (X2), dan variabel kinerja pemasaran (X3) mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap pendapatan.