Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang
terkandung dalam novel “Cinta Terakhir†karya Vincenctcius Jeskial Boekan dan
untuk mengetahui relevansi nilai-nilai dalam novel “Cinta Terakhir†karya
Vincenctcius Jeskial Boekan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jenis
penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data meliputi
lima tahap yakni, mengklasifikasikan, memeriksa, menganalisis dengan
menginterpretasikan, mendeskripsikan, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh terhadap novel “ Cinta Terakhir†Karya Vincentcius
Jeskial Boekan ditemukan data yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan,
religius, sosial, dan budaya dalam novel tersebut. Nilai pendidikan 6 data, nilai
religius 13 data, nilai sosial 9 data dan nilai budaya 13 data. Novel cinta terakhir
Karya Vincentcius Jeskial Boekan sesuai sebagai bahan pembelajaran Bahasa
Indonesia di SMP, karena novel ini banyak memunculkan nilai-nilai pembelajaran
atau nilai kehidupan yang dapat diteladani siswa. Kerelevansian dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia sangat melekat dengan Kompetensi inti (KI) dan
Kompetensi Dasar (KD) pada jenjang SMP.