Abstract :
Kemampuan berpikir kritis siswa SMP masih rendah, merupakan suatu masalah
pembelajaran yang masih ditemukan di sekolah-sekolah yang terdapat di Kefamenanu
Kabupaten TTU. Dari hasil wawancara, ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satu
faktor yang dominan adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Karena itu
penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan
menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIIA
SMP Satap Negeri Nian. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
dengan jumlah siswa yang hadir sebanyak 21 orang. Alat pengumpulan data meliputi lembar
observasi dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkat dari rata – rata ketuntasan
kelas pada siklus I sebesar 61,90% dan siklus II 76,19% atau meningkat sebesar 14,29%.
Begitupun, terdapat peningkatan pada aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar
1,78.