DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMPK GMT ST. GABRIEL WANIBESAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Timor
Author
Taena, Agustina Eviyanri
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2022-08-08 06:06:38 
Abstract :
Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa terdapat banyak siswa yang masih kurang memahami konsep matematika dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dengan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL). Tujuannya untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Grup Design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK GMT St. Gabriel Wanibesak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari analisis data diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.004 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan CTL dengan pembelajaran konvensional. 
Institution Info

Universitas Timor