Abstract :
Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa terdapat banyak siswa yang masih
kurang memahami konsep matematika dalam menyelesaikan soal-soal yang
diberikan. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, dengan
pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL). Tujuannya untuk
mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa
yang memperoleh pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran
konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi
eksperimental) dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Grup Design yang
melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK GMT St. Gabriel Wanibesak. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data
menggunakan uji-t. Dari analisis data diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.004 <
0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan
pembelajaran pendekatan CTL dengan pembelajaran konvensional.