Abstract :
Marsi Ani Aek (53170018) Analisis Sistem Antrian dalam Mengoptimalisasi
Layanan Loket Pembayaran pada Metro Swalayan Kefamenanu.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui tingkat rata-rata
kedatangan pelanggan dan tingkat rata-rata pelayanan di Metro Swalayan
Kefamenanu; (2) Untuk mengoptimalisasi jumlah kasir yang harus disediakan
oleh Metro Swalayan Kefamenanu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Studi
Kasus dengan menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer yang merupakan hasil pengamatan dan
pencatatan langsung dari objek yang diamati, dimana objek tersebut adalah
pelanggan yang bertransaksi di kasir atau loket pembayaran pada Metro Swalayan
Kefamenanu.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
sistem antrian single channel single phase atau jalur tunggal pada Metro
Swalayan Kefamenanu cukup sibuk, dimana probabilitas sistem sibuk yaitu 0,65.
Akibatnya, rata-rata waktu menunggu dalam antrian adalah 3 menit dan 93 detik,
dimana waktu menunggu ini melebihi asumsi standar pelayanan, yaitu 3 menit.
Penambahan loket pembayaran menjadi salah satu pilihan yang dapat diambil
untuk mengurai tingkat kesibukan antrian pembayaran. Penambahan loket
pembayaran berkonsekuensi terhadap peningkatan biaya operasional, yaitu biaya
gaji pegawai loket pembayaran, oleh karena itu penambahan loket pembayaran
diusahakan seminimal mungkin dengan tetap memperhatikan pemenuhan standar
pelayanan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penambahan loket pembayaran
menjadi dua loket cukup untuk membuat rata-rata waktu menunggu dalam antrian
berkurang menjadi 1 menit dan 2 detik. Hasil ini memenuhi asumsi standar waktu
pelayanan, yaitu 3 menit.