Abstract :
MELANIA YUNITA ATOK Analisis Pemasaran Terung Di Desa Fafoe
Kecamatan Malaka Barat Kabupaten Malaka Dibimbing oleh AGUSTINUS
NUBATONIS S.p.,M.p dan YOSEFINA MARICE FALLO S.p.,M.Agb.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Fafoe Kecamatan Malaka Barat
Kabupaten Malaka dari bulan Juli 2021 sampai selesai. Tujuan dari penelitian ini
adalah 1). Untuk mengetahui saluran pemasaran terung di Desa Fafoe. 2). Untuk
mengetahui margin pemasaran di Desa Fafoe. 3). Untuk mengetahui Farmer’s
share dalam pemasaran terung di Desa Fafoe. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif untuk
mengetahui saluran pemasaran terung, analisis margin pemasaran untuk
mengetahui selisih harga beli terung ditingkat konsumen dengan harga jual yang
diterima produsen dan Farmer’s Share untuk mengetahui bagian harga yang
diterima petani. Hasil analisisis menunjukkan bahwa Saluran pemasaran di daerah
penelitian terdiri dari tiga saluran pemasaran yaitu: 1). Produsen- Konsumen 2).
Produsen- Pedagang Pengecer- Konsumen 3). Produsen- Pedagang PengumpulPedagang Pengecer- Konsumen. Margin pemasaran pada saluran I sebesar
Rp.0/Kg karena harga jual terung di tingkat petani sama dengan harga beli
ditingkat konsumen. Sementara pada saluran pemasaran II margin yang diperoleh
adalah sebesar Rp.5.000/Kg dan pada saluran pemasaran III margin yang
diperoleh sebesar Rp.7.500/ Kg. Nilai Farmer’s Share saluran pemasaran I
sebesar 100%, Nilai Farmer’s Share saluran pemasaran II sebesar 66,67% dan
Nilai Farmer Share’s saluran pemasaran III sebesar 50%. Ketiga saluran tersebut
memiliki nilai farm