Abstract :
Prestasi belajar siswa SMP masih rendah, merupakan suatu masalah pembelajaran
yang masih ditemukan di sekolah – sekolah yang terdapat di Kefamenanu Kabupaten
TTU. Dari hasil wawancara, ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satu
faktor yang dominan adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat.
Karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan
menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas
VIII SMPK Aurora Kefamenanu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas dengan jumlah siswa yang hadir sebanyak 13 orang. Alat
pengumpulan data meliputi lembar pengamatan dan soal tes. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe NHT meningkat dari rata – rata ketuntasan kelas pada siklus I sebesar
61,53% dan siklus II 84,61% atau meningkat sebesar 23,08%. Begitupun, terdapat
peningkatan pada aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 1,78%.