DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWAKELAS VIII SMPK AURORA KEFAMENANU TAHUN AJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Timor
Author
Banu, Melia
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2022-08-12 00:41:37 
Abstract :
Prestasi belajar siswa SMP masih rendah, merupakan suatu masalah pembelajaran yang masih ditemukan di sekolah – sekolah yang terdapat di Kefamenanu Kabupaten TTU. Dari hasil wawancara, ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor yang dominan adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII SMPK Aurora Kefamenanu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah siswa yang hadir sebanyak 13 orang. Alat pengumpulan data meliputi lembar pengamatan dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkat dari rata – rata ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 61,53% dan siklus II 84,61% atau meningkat sebesar 23,08%. Begitupun, terdapat peningkatan pada aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 1,78%. 
Institution Info

Universitas Timor