DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA UNTUK MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP KRISTEN KEFAMENANU TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Timor
Author
Liunokas, Melky Zadrak
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2022-08-12 00:41:51 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Untuk Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Kristen Kefamenanu Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen . Variabel dalam penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan pendekatan Konvensional serta variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Desain penelitian diberi simbol x1 untuk hasil belajar kelas eksperimen dan simbol x2 untuk hasil belajar kelas kontrol. Teknik analisa data uji t satu sampel, uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji t dua sampel. Prosedur penelitian dilakukan dalam tahap persiapan dan pelaksanaan. Teknik analisa data uji t satu sampel, uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji t dua sampel. Hasil perhitungan menunjukkan kedua pendekatan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Data berdistribusi normal dan homogen. Analisis data uji t dua sampel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan thitung > ttabel yakni 3,643 > 2,021 maka dari syarat penerimaan dan penolakan hipotesis, ternyata hipotesis yang diajukan (Ha) diterima berarti pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih efektif dari pendekatan konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. 
Institution Info

Universitas Timor