Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Efektivitas Pendekatan
Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Untuk Materi
Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Kristen Kefamenanu Tahun Pelajaran
2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi
eksperimen . Variabel dalam penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan
Pembelajaran Matematika Realistik dan pendekatan Konvensional serta variabel terikat
yaitu hasil belajar siswa. Desain penelitian diberi simbol x1 untuk hasil belajar kelas
eksperimen dan simbol x2 untuk hasil belajar kelas kontrol. Teknik analisa data uji t satu
sampel, uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji t dua sampel.
Prosedur penelitian dilakukan dalam tahap persiapan dan pelaksanaan. Teknik analisa
data uji t satu sampel, uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji t dua
sampel.
Hasil perhitungan menunjukkan kedua pendekatan efektif untuk meningkatkan hasil
belajar matematika. Data berdistribusi normal dan homogen. Analisis data uji t dua
sampel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan thitung > ttabel yakni 3,643
> 2,021 maka dari syarat penerimaan dan penolakan hipotesis, ternyata hipotesis yang
diajukan (Ha) diterima berarti pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih
efektif dari pendekatan konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika
siswa.